Radio Batak

This text will be replaced
Tune in :

Pusat pencarian

Minggu, 23 Mei 2010

Demo Terbesar Di Kota Sibolga Pilkada 2010

Diposkan oleh Hecker

DEMO DI KOTA SIBOLGA



SIBOLGA (SI) – Sebanyak 10 dari 20 tersangka kasus demo anarkistis
terkait Pilkada Kota Sibolga dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakat
(Lapas) Klas IIA Tukka di Kelurahan Sibuluan,Kecamatan Pandan,
Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), kemarin.

Pemindahan ini dilakukan karena sel tahanan di Markas Kepolisian Resor Kota (Mapolresta) Sibolga sudah penuh
sesak. Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Sibolga Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Jhony Sebayang menyatakan, di antara 35 orang yang diduga terlibat dalam aksi anarkistis ini, sebanyak 20 orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Salah seorang di antara mereka merupakan tenaga honorer di Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga. Sebayang menyatakan, tidak tertutup kemungkinan, jumlah tersangka akan bertambah. Sebab, polisi masih memburu para tersangka yang namanya sudah tercatat di polresta. ”Bagi warga yang merasa dirinya terlibat dalam demo anarkistis pada Pilkada Kota Sibolga agar menyerahkan diri ke kantor polisi.Pemeriksaan akan terus berlanjut hingga tuntas.

Bila tidak terbukti bersalah, dipastikan akan bebas,” tuturnya di Mapolresta Sibolga, Jumat (21/5). Dia menambahkan, hasil pemeriksaan akan terus dikembangkan dan didalami.Mereka akan terus menelusuri sosok otak utama demo anarkistis,termasuk oknum yang terlibat langsung sebagai penyandang dananya.
“Dari semua tersangka yang ditangkap dan telah menjalani pemeriksaan, seluruhnya masih murni pelaku perusakan. Belum ada yang mengarah kepada otak aksi anarkistis,”paparnya. Namun, Sebayang mengakui bahwa berdasar pemeriksaan sementara, belum ada indikasi keterlibatan salah satu pasangan calon peserta Pilkada Kota Sibolga 2010.

Berdasar pantauan harian Seputar Indonesia di Mapolresta Sibolga, ke-10 tersangka yang akan dipindahkan ke penjara Lapas Tukka,Tapteng, diangkut dengan satu unit mobil tahanan polresta. Mereka juga dikawal pasukan Brimob.Anak, istri, dan orangtua para tersangka terlihat menangis dan histeris ketika menyaksikan pemindahan tersebut.
Pelantikan 26 Agustus 2010

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sibolga menetapkan jadwal pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar periode 2010–2015 akan digelar pada 26 Agustus. Yang berhak dilantik pada hari itu,yakni pasangan HM Syarfi Hutauruk-Marudut Situmorang sebagai pemenang Pilkada Kota Sibolga.
Ketua KPUD Kota Sibolga Nadzran mengungkapkan, masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga periode 2005–2010 atas nama Sahat P Panggabean dan Afifi Lubis akan berakhir pada 26 Agustus. “Bila tidak ada halangan, sesuai jadwal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih periode 2010–2015 akan dilantik pada 26 Agustus
mendatang